Jumat, 28 November 2014

Manajemen Pemasaran


Manajemen pemasaran

Adalah suatu analisi, perencanaan, implementasi dan pengendalian dari program – program yang dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi, oleh karena itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.

Perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep inti pemasaran :

-          Kebutuhan
Merupakan suatu keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu dan suatu hal yang penting baik nagi konsumen maupun pemasar karena dari kebutuhan-kebutuhan tersebutlah terciptanya produk yang akan dipasarkan kepada konsumen sehingga sangat berkaitan dengan pemasar.

-          Keinginan
Merupakan suatu hal yang diinginkan dan diharapkan agar dapat memperoleh sesuatu yang didambakan baik oleh konsumen maupun pemasar sendiri, karena seorang pemasar berkeinginan untuk bisa memuaskan konsumen serta dapat memajukan perusahaannya.

Perbedaan pasar dan pemasaran :

-          Pasar
Merupakan konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.

-          Pemasaran
Merupakan kegiatan pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau nonprofit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.

Bauran pemasaran (marketing mix)
Adalah suatu perangkat perusahaan yang terdiri dari 4 P yaitu
1)   Produk
Adalah segala sesuatu yang ditawarkan kepada masyarakat untuk dilihat, dopegang, dibeli atau dikonsumsi.

2)   Harga
Adalah sejumlah uang yang konsumen bayar untuk membeli produk atau mengganti hak milik produk.
 
3)   Promosi
Adalah berbagia kegiatan perusahaan untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran.

4)   Tempat
Adalah berbagai kegiatan perusahaan membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar sasaran.

Referensi :
Id.m.wikipedia.org/wiki/manajemen_pemasaran
Ruangmarketing.blogspot.in/2012/12/pengertian-bauran-pemasaran-marketing.html?m=1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar