Manajemen pemasaran
Adalah suatu
analisi, perencanaan, implementasi dan pengendalian dari program – program yang
dirancang untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang
bermanfaat dengan pembeli untuk mencapai tujuan-tujuan organisasi, oleh karena
itu manajemen pemasaran sering disebut juga sebagai manajemen permintaan.
Perbedaan kebutuhan dan keinginan berdasarkan konsep
inti pemasaran :
-
Kebutuhan
Merupakan suatu
keadaan perasaan yang membutuhkan pemenuhan terhadap sesuatu dan suatu hal yang
penting baik nagi konsumen maupun pemasar karena dari kebutuhan-kebutuhan
tersebutlah terciptanya produk yang akan dipasarkan kepada konsumen sehingga
sangat berkaitan dengan pemasar.
-
Keinginan
Merupakan suatu
hal yang diinginkan dan diharapkan agar dapat memperoleh sesuatu yang
didambakan baik oleh konsumen maupun pemasar sendiri, karena seorang pemasar
berkeinginan untuk bisa memuaskan konsumen serta dapat memajukan perusahaannya.
Perbedaan pasar dan pemasaran :
-
Pasar
Merupakan
konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan
keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap barang atau jasa.
-
Pemasaran
Merupakan
kegiatan pemasar untuk menjalankan suatu bisnis (profit atau nonprofit) guna
memenuhi kebutuhan pasar dengan barang atau jasa, menetapkan harga,
mendistribusikan serta mempromosikannya melalui proses pertukaran agar
memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Bauran pemasaran (marketing mix)
Adalah suatu
perangkat perusahaan yang terdiri dari 4 P yaitu
1)
Produk
Adalah segala sesuatu yang ditawarkan
kepada masyarakat untuk dilihat, dopegang, dibeli atau dikonsumsi.
2)
Harga
Adalah sejumlah uang yang konsumen bayar
untuk membeli produk atau mengganti hak milik produk.
3)
Promosi
Adalah berbagia kegiatan perusahaan
untuk mengkomunikasikan dan memperkenalkan produk pada pasar sasaran.
4)
Tempat
Adalah berbagai kegiatan perusahaan
membuat produk yang dihasilkan/dijual terjangkau dan tersedia bagi pasar
sasaran.
Referensi :
Id.m.wikipedia.org/wiki/manajemen_pemasaran
Ruangmarketing.blogspot.in/2012/12/pengertian-bauran-pemasaran-marketing.html?m=1
Tidak ada komentar:
Posting Komentar