CONTOH IKLAN BESERTA ANALISIS
KELEBIHAN DAN KEKURANGAN PRODUK
Kulit
putih, lembab, bercahaya, bebas flek hitam, dan bekas jerawat, merupakan
dambaan setiap wanita. Beberapa produk kecantikan menawarkan keajaibannya dalam
waktu singkat, misalnya 7 hari atau 2 minggu. Salah satu dari sekian banyak
produk kecantikan tersebut adalah pond’s. Pond’s merupakan salah
satu produk keluaran unilever. Alasan peluncuran pond’s adalah
kepercayaan bahwa semua wanita itu cantik dan cantik itu tidak mengenal batas
usia. Oleh sebab itu, pond’s menghadirkan rangkaian produk perawatan kecantikan
yang inovatif dan lengkap bagi wanita dalam segala usia. Rangkaian produk
perawatan pond’s dibedakan menjadi 3 kategori, yaitu pengendalian
minyak, pemutih kulit, dan penghambat penuaan dini. Ketiga kategori tersebut
dikelompokkan dalam lima paket, yaitu salah satunya adalah pond’s
flawless white yang membuat kulit tampak putih mulus serta mengurangi noda
hitam dan bekas jerawat hanya dalam tujuh hari.
Kelebihan
Berdasarkan pengamatan dari iklan diatas, dapat saya
simpulkan beberapa kelebihan dari iklan pond’s flawless white. Pertama,
kekuatan tag line yang digunakan dalam iklan tersebut yaitu “putih dalam 7
hari”. Kekuatan tag line tersebut mampu menghipnotis konsumen terutama para
wanita yang berkulit gelap. Hal itu mampu meningkatkan optimisme masyarakat untuk
menggunakan produk pond’s. Apalagi kebanyakan masyarakat Indonesia
sangat mudah terbujuk dengan hal-hal yang instan.
Kekurangan
Selain beberapa kelebihan produk yang telah disebutkan
diatas, juga ada beberapa kekurangan dari produk tersebut. Memang tag line
“putih dalam 7 hari” mampu meningkatkan optimisme dan menarik minat masyarakat
untuk mengkonsumsi produk tersebut, namun di sisi lain, konsumen yang cerdas
tentu tidak akan dengan mudahnya mempercayai iklan semacam itu. Konsumen cerdas
mampu merasionalkan pikirannya untuk menentukan logis atau tidaknya sebuah tag
line. Mana mungkin hanya dalam waktu 7 hari saja kulit yang tadinya gelap bisa
menjadi putih. Itu adalah hal yang mustahil. Tag line seperti itu bisa jadi
justru akan membuat masyarakat enggan untuk menggunakan produk tersebut.
Masyarakat akan berpikir bahwa ia telah dibodohi atau menjadi korban iklan.
Seharusnya seorang produsen, dalam membuat tag line juga harus berhati-hati.
Jangan sampai tag line yang seharusnya menjadi kekuatan dari sebuah produk
justru menjadi bumerang bagi produk itu sendiri.
Produk dedodoran terkemuka karena satu alasan yang
jelas: Rexona tidak pernah mengecewakan anda. Apakah anda laki-laki atau
perempuan, Rexona menjaga agar ketiak anda tetap kering dan harum.
Kelebihan
Membuat ketiak beraroma wangi dan bisa
menghilangakan noda hitam pada ketiak.
Kekurangan
Membuat ketergantungan apabila kita
tidak menggunakanya terus menerus ketiak kita bisa beraroma tidak enak dan
sering basah pada bagian ketiak
Iklan : terdapat perbedaan untuk melakukan
perbandingan dimana model yang satu memakai baju lengan pendek dan yang model
lain memakai baju tanpa lengan sehingga dapat dilihat jika kedua model
berkeringat pasti yang lebih terlihat ialah model yang memakai baju lengan pendek.
Kelebihan
Asapnya
dengan cepat menghilangkan nyamuk disekeliling ruangan dan terasa nyaman tanpa ada
nyamuk yang berkeliaran kalimat yang digunakan dalam iklan juga membuat orang
tertarik untuk mencoba produk ini.
Kekurangan
Asapnya
yang menyengat dan berbahaya untuk pernapasan.
Ditayangkan
dalam iklan wony yang ada bahwa kesegaran yang terdapat dalam produk downy
merupakan ketahanan dan kesegaran yang tidak bisa dibandingkan denga keringat,
karena di dalam iklan tersebut diceritakan bahwa ada seorang anak kecil yang
tidak ingin diganggu oleh tantenya dan dia mencari seluruh kegiatan dan
menghasilkan keringat agar dijauhi karena dia bau, tetapi kenyataannya tante
nya malah semakin menyenangi nya karena dia tetap wangi walaupun banyak
keringat di badannya.
Kelebihan
Kelemahan
Banyak
pesaing di produk yang sama membuat pangsa pasar sangat bersaing dikarenakan
produk lain yang serupa dan juga kegunaan produk yang hanya untuk merendam
pakaian saja membuat keterbatasan karena tidak adanya downy untuk
setrika pakaian sehingga membuat produk nya tidak lengkap.
Di
dalam iklan tersebut dikatakan bahwa lay’s terbuat dari kentang asli
pilihan, membuat kenikmatan yang tak tertahankan. Didalam kemasan yang lama
ditayangkan iklan seorang wanita yang sedang melakukan perawatan kuku dan
melihat orang lain sedang memakan lay’s, karena melihat nikmatnya orang
tersebut makan, maka wanita yang sedang berkutex ini langsung memakannya
sehingga kukunya yang belum kering kotor karena terkena bubuk yang ada, tetapi
dalam iklan yang baru diceritakan bahwa lays smile pack dibuat agar masyarakat
Indonesia mudah tersenyum setiap waktu dalam suasana dan kegiatan apapun.
Kelebihan
Kelemahan
Banyak
snack lain yang memiliki cita rasa yang enak dan memiliki rasa yang enak
sehingga juga menarik konsumen untuk membeli produk tersebut.
Daftar pustaka
Tidak ada komentar:
Posting Komentar